Dewa Dewi Romawi

1.Venus

Venus adalah putri Yupiter, dan beberapa pecinta dia termasuk Mars dan Vulcan, model pada urusan Aphrodite. Venus' pentingnya meningkat, dan bahwa dia dari kultus, melalui pengaruh beberapa pemimpin politik Roma. Diktator Sulla yang dibuat-Nya dia wanita, dan kedua Julius Caesar dan kaisar Augustus itu bernama moyang mereka (Julian) keluarga: yang 'gens Julia' telah Aeneas, putra Venus dan Anchises manusia. Caesar diperkenalkan kultus Genetrix Venus, dewi dari ibu dan perkimpoian, dan untuk membangun sebuah candi dalam 46 SM. Dia juga terhormat dalam bait Mars Ultor. Terakhir besar candi Venus dibangun oleh Maharaja Hadrianus dekat Colusseum pada 135 TM.


2.Pluto

Pluto adalah Dewa dari Roma neraka dan hakim yang mati. Pluto adalah putra Saturn. Pluto istri adalah Proserpina (nama Yunani, Persephone) yang dia kidnapped dan mengheret ke dalam neraka. Saudara-saudaranya adalah Jupiter dan Neptunus. Orang sebagaimana dimaksud Pluto sebagai kaya karena dia satu semua harta milik dalam tanah. Orang takut untuk apa yang ia nama asli karena mereka takut mungkin menarik perhatian orang. Kambing hitam yang ditawarkan kepadanya sebagai korban. Pluto dikenal sebagai Tuhan kejam karena jika manusia memasukkan Underworld mereka tidak bisa berharap untuk kembali. Pluto's nama Yunani adalah neraka.


3.Jupiter

Yupiter adalah kemenangan tuhan Roman panteon,Jupiter disebut juga "ayah yang bersinar". Dia adalah dewa cahaya dan langit, dan pelindung negara dan undang-undang. Dia adalah putra Saturn dan saudara wanita cantik dan Neptunus (yang juga istrinya). Yang dia Roma menyembah terutama sebagai Jupiter Optimus Maximus (semua-baik, semua-kuat). Nama ini tidak hanya merujuk kepada kekuasaan atas semesta, tetapi juga kepada fungsi sebagai tuhan yang mendistribusikan negara hukum, kontrol kerajaan dan membuat ia akan dikenal melalui oracles. Bahasa Inggris nama-Nya adalah Jupiter.Dia memiliki candi di Capitol, bersama dengan wanita cantik dan tambah, namun dia yang paling menonjol ini Capitoline tritunggal. Nya candi tidak hanya yang paling penting suaka di Roma, tetapi juga pusat dari kehidupan politik. Berikut resmi persembahan dibuat, telah menandatangani perjanjian dan perang dilaporkan, dan kejayaan Umum dari tentara Romawi datang ke sini untuk memberikan mereka terima kasih.Judul lain dari Yupiter termasuk: Caelestis (langit), Lucetius (dari cahaya), Totans (thunderer), Fulgurator (dari kilat). Seperti Yupiter Victor dia memimpin pasukan Romawi untuk kemenangan. Yupiter juga merupakan pelindung kuno liga Amerika Latin dan kota. Atribut-Nya adalah kilat meloncat dan berlagak kedua adalah simbol dan Rasul-Nya.Yupiter sangat identik dengan Yunani Zeus


4.Bacchus

Bacchus adalah dewa anggur dan mabuk, menyetarakan dengan Yunani Dionysus. Festival itu dirayakan pada 16 Maret dan 17. Yang Bacchanalia, orgies di kehormatan dari Dionysus, yang diperkenalkan di Roma sekitar 200 SM. Hina perayaan ini, terkenal karena nama buruk bagi mereka kejahatan seksual dan karakter, sehingga bisa keluar dari tangan mereka yang dilarang oleh Senat Romawi di 186 SM.


5.Mars

Mars adalah Dewa perang, dan salah satu yang paling menonjol dan menyembah tuhan. Pada awal sejarah Roma dia adalah seorang dewa musim semi, pertumbuhan di alam, dan kesuburan, dan pelindung ternak. Mars juga disebutkan sebagai chthonic tuhan (-tuhan bumi) dan ini dapat menjelaskan mengapa ia menjadi dewa kematian dan akhirnya satu dewa perang. Dia adalah putra Jupiter dan Juno. Menurut beberapa sumber, Mars adalah ayah dari Romulus and Remus oleh perawan Ilia (Rhea Silvia). Karena dia ayah ini legendaris pendiri Roma, dan karena itu dari orang Roma, orang Rom gaya sendiri 'anak-anak Mars'.Nya sanctuaries utama di mana candi di Capitol, yang ia bersama-sama dengan Yupiter dan Quirinus, bait Mars Gradivus ( "dia yang mendahului tentara dalam pertempuran") di mana tentara Romawi yang dikumpulkan sebelum mereka pergi ke perang, dan bait Mars Ultor ( "yang penuntut balas"), yang terletak di Forum Augustus. Kampus yang martius ( "bidang Mars"), terletak di luar tembok kota, juga didedikasikan kepadanya. Berikut adalah digerudi angkatan darat yang terlatih dan atlet. Dalam regia di Forum Romanum, yang 'hastae Martiae' ( "lances Mars") yang dipelihara. Saat ini lances' dipindahkan ', ini dilihat sebagai tanda perang. Yang suka yang memimpin tentara ke peperangan harus memindahkan lances sambil berkata 'Mars vigila' ( "Mars bangun"). Mars sebagai Gradivus, tuhan mendahului tentara dan memimpin mereka ke kemenangan.Dia telah beberapa festival dalam kehormatan. Pada tanggal 1 Maret, yang Feriae Martí dirayakan. Armilustrium yang dilaksanakan pada tanggal 19 Oktober, dan pada hari ini senjata tentara yang telah disucikan ritually dan disimpan untuk musim dingin. Setiap lima tahun yang Suovetaurilia dilaksanakan. Selama ini kesuburan dan membersihkan upacara, babi (sus), sebuah domba (ovis) atau sapi (Taurus) yang menjadi korban. Yang telah Equirria pada 27 Februari dan 14 Maret, yang pada balapan kuda dilaksanakan. Quinquatrus yang telah pada 19 Maret dan Tubilustrium pada 23 Maret, yang pada senjata dan perang-sangkakala yang suci. Para imam Mars, yang juga menjabat Quirinus, yang disebut Salii ( "jumper"), yang berasal dari prosesi melalui jalan-jalan kota yang mereka selesai dengan seluruh pelosok dan cara bernyanyi yang Carmen Saliare.


6.Cupid

Cupid adalah dewa cinta dan putra Venus. Dia adalah kecil, bersayap anak laki-laki, blindfolded, membawa busur dan anak panah. Tanda panah, sekali menghentam jantung, membuat korban jatuh cinta. Ia juga sebagai potret pemuda dengan dicintai armada, dengan Venus atau dengan sekelompok kecil bersayap bayi (yang Amoretti atau Amorini). Beberapa tradisi mengatakan bahwa dia lahir dari telur perak .Mars Roman setara adalah Eros dari Yunani . Nama ini berasal dari Latin Cupido, "keinginan".


7.Lucifer

Lucifer adalah dewa perang,dia telah memenangkan perang selama 100x pertempuran,dia sangat di hormati karena dia lahir dari inti cahaya matahari.suatu hari dia membantah ucapan dewa Jupiter dan akhir nya Lucifer di buang ke dunia dan menjadi setan atau satan dengan wajah yang jelek dan tubuh yang bersisik serta kepala yang bertanduk.


8.Diana

Diana adalah dewi alam, kesuburan dan anak. Dia erat dengan mengidentifikasi Yunani dewi Artemis. Diana juga merupakan bulan-dewi dan pada awalnya menyembah di gunung Tifata dekat Capua suci dan di hutan (seperti di Aricia Latium). Dia tinggal di Aricia imam dan jika seorang laki-laki dapat membunuh dia dengan dahan patah dari pohon di hutan ini, dia akan menjadi imam sendiri 1. Senter juga berbunga processions dilaksanakan di kehormatan di sini. Kemudian dia telah diberi candi yang bekerja di kawasan-kelas pada Aventine Hill di mana dia menyembah terutama oleh kelas bawah (plebeians) dan para budak, yang di antaranya dia adalah wanita.


9.Mercury

Mercury adalah dewa perdagangan dan keuntungan, pedagang dan pelancong, tetapi asalnya dari perdagangan jagung. Dalam waktu kemudian dia menyetarakan dengan Yunani Hermes. Dia memiliki candi di Roma dekat Circus Maximus pada tanggal Aventine Hill yang kembali ke 495 SM. Candi ini telah terhubung ke beberapa jenis perdagangan adil. Nya utama festival yang Mercuralia, dirayakan pada tanggal 15 Mei dan pada hari ini para pedagang kenyamanan mereka kepala dan barang dagangan mereka dengan air dari sumur dekat Porta Capena.Selama waktu dari Rum kultus Raksa telah tersebar luas, terutama di kalangan orang-orang Celtic dan Jerman. Celt yang telah mereka Raksa Perancis, dan Jerman dia diidentifikasi dengan mereka Wodan.Atribut dari Raksa adalah lambang kedokteran (dengan dua staf yang lain, ular) dan tas (yang merupakan simbol dari koneksi dengan commerce). Dia adalah potret mirip dengan Hermes: berpakaian jubah yang luas, pakai talaria (bersayap sandal) dan petasus (topi bersayap).


10.Neptune

Neptune Dewa laut di antara Roma. Dia tidak tuhan yang sangat handal, dan sedikit yang diketahui dari asal. Ketika ia pertama kali diperkenalkan di Roma, ia sudah memiliki semua karakteristik dari Yunani Poseidon. Walaupun ia kultus yang tumbuh setelah itu persamaan dengan Poseidon, Neptunus masih jauh kurang populer di kalangan pelaut dari Poseidon kalau Yunani mariners.Neptunus diadakan di jauh lebih tinggi karena Berkenaan Neptunus Equester, tuhan dan pelindung dari kuda-kuda dan balap. Salah satu kuil berada di dekat Circus Flaminius, salah satu jejak-lagu yang lebih besar. Lain adalah suaka di Kampus martius (25 SM) adalah Neptunalia dirayakan pada 23 Juli. The trisula adalah Neptunus's atribut.


Dispater

Dis Pater, atau Dispater adalah dewa dunia bawah dalam mitologi Romawi. Dis Pater awalnya adalah dewa kekayaan, kesuburan tanah dan mineral di bawah tanah namun pada perkembangan selanjutnya dia dijadikan dewa dunia bawah dan disamakan dengan Pluto dan Orkus, juga dengan Hades di mitolog Yunani. Dis Pater bisanya disingkat menjadi Dis. Nama in juga kemudian menjadi nama salah satu tempat di dunia bawah.


Orkus

Orkus adalah dewa dunia bawah dalam mitologi Romawi. Dia adalah dewa yang menghukum orang-orang yang melanggar sumpah. Dia diasosiasikan dengan Pluto, Dis Pater dan Hades. Dia digambarkan di makam-makam Etruska sebagai raksasa yang berjenggot. Kuil untuk Orkus pernah ada di Bukit Palatine di kota Roma. Kemungkinan Orkus adalah adaptasi dari Horkus, dewa sumpah dan anak Eris dalam mitologi Yunani.


Sol Invictus

Sol Invictus ("Matahari Tak Terkalahkan") adalah dewa Matahari resmi pada masa Kekaisaran Romawi akhir. Pada tahun 274 kaisar Aurelianus menjadikannya sembahan resmi di antara sembahan tradisional Romawi lainnya. Para sejarawan berbeda pendapat mengenai apakah Sol Invictus merupakan pembentukan ulang dari dewa Romawi Sol, atau kebangkitan kembali pemujaan dewa Elagabalus atau memang dewa yang benar-benar baru. Sol Invictus disukai oleh para kaisar setelah Aurelianus dan dewa itu muncul di koin-koin kekaisaran sampai masa kaisar Konstantinus. Inskripsi terakhir mengenai Sol Invictus bertahun 387 M. dan ada cukup banyak penyembahnya pada abad ke-5 sehingga Augustinus merasa perlu untuk menasehati mereka. Festival untuk Sol Invictus diselenggarakan pada tanggal 25 Desember, yang kadang diduga sebagai asal mula tanggal natal ("Matahari Tak Terkalahkan") adalah dewa Matahari resmi pada masa Kekaisaran Romawi akhir. Pada tahun 274 kaisar Aurelianus menjadikannya sembahan resmi di antara sembahan tradisional Romawi lainnya. Para sejarawan berbeda pendapat mengenai apakah Sol Invictus merupakan pembentukan ulang dari dewa Romawi Sol, atau kebangkitan kembali pemujaan dewa Elagabalus atau memang dewa yang benar-benar baru. Sol Invictus disukai oleh para kaisar setelah Aurelianus dan dewa itu muncul di koin-koin kekaisaran sampai masa kaisar Konstantinus. Inskripsi terakhir mengenai Sol Invictus bertahun 387 M.dan ada cukup banyak penyembahnya pada abad ke-5 sehingga Augustinus merasa perlu untuk menasehati mereka. Festival untuk Sol Invictus diselenggarakan pada tanggal 25 Desember, yang kadang diduga sebagai asal mula tanggal natal.


Vulkanus

Dalam mitologi Romawi, Vulkanus (bahasa Latin: Vulcanus) adalah dewa api yang menguntungkan dan api yang merintangi, termasuk api dari gunung berapi. Vulkanus biasanya dilukiskan dengan kilat. Dia dikenal sebagai Sethklans dalam mitologi Etruska. Dia dipuja dalam festival tahunan pada tanggal 23 Agustus yang disebut Volkanalia. Menurut mitologi, Vulkanus merupakan pembuat senjata, permata, zirah, dan petir Yupiter. Bengkelnya terletak di bawah Gunung Etna di Sisilia. Vulkanus diidentikkan dengan dewa api dan pandai besi Yunani Kuno, Hefaistos.


Yanus

Yanus (bahasa Latin: Iānus) adalah dewa dalam kepercayaan bangsa Romawi yang mempunyai dua muka sehingga ia bisa melihat ke depan dan ke belakang secara bersamaan. Kedua muka tersebut juga membuatnya dapat melihat ke masa lalu dan masa depan. Yanus dikenal sebagai dewa permulaan dan akhir. Bangsa Romawi bila ingin melakukan permulaan suatu pekerjaan selalu memohon pertolongan dewa Yanus. Nama Januari, yaitu bulan yang mengawali kalender Gregorian, berasal dari bahasa Latin iānuārius yang berarti "bulan Dewa Yanus


Hekate

Hekate (bahasa Yunani: Ἑκάτη, Hekátē) dalam mitologi Yunani dan Romawi adalah dewi ilmu sihir dan persimpangan jalan. Hekate dikaitkan dengan kelahiran anak, pengasuhan anak muda, dinding dan gerbang, pintu masuk, persimpangan jalan, ilmu sihir,pengetahuan tentang bulan, obor,dan anjing. Hekate juga diasosiasikan dengan dunia bawah. Di Iskandariyah kuno dan beberapa tempat lainnya, Hekate digambarkan sebagai dewi berwajah tiga yang mengendalikan ilmu sihir, hal-hal magis, dan kutukan. Hekate juga dianggap sebagai pelindung pintu masuk.


Minerva

Minerva adalah salah satu dewi utama yang dipuja oleh bangsa Romawi Pagan dan merupakan dewi dari Mitologi Romawi. Minerva dipuja sebagai seorang dewi perang, kebijaksanaan, ilmu pengetahuan, seni kriya, puisi, obat - oabatan, pelindung para pengrajin dan penemu alat musik. Minerva merupakan anak dari Jupiter.
Dalam Mitologi Yunani, ia dikenal sebagai Athena yang juga merupakan dewi perang dan kebijaksanaan, sementara dalam Mitologi Etruska ia dikenal sebagai Menrfa atau Menrva. Minerva adalah salah seorang dari tiga dewi yang berdasarkan Buku Metamorfosis dari Ovid menolak kehadiran cinta dari Cupid dan Venus (mitolog) bersama dengan Artemis dan Hestia atau dikenal dengan nama Diana dan Vesta dalam Mitologi Romawi. Menerva juga merupakan bagian dari triad dengan Tinia dan Uni dalam Mitologi Etruska yang sama dengan Triad Kapitoli Jupiter, Juno dan Minerva yang merupakan trinitas tertinggi dalam Agama Romawi.


Viktoria

Dalam Agama Romawi Kuno, Viktoria adalah personifikasi dari dewi kemenangan. Dia adalah penyetaraan dari dewi Nike dari Yunani Kuno, dan dikaitkan dengan Bellona. Dia diadaptasi dari Sabine (dewi pertanian Vacuna) dan memiliki sebuah kuil di Palatine Hill Dewi Vika Pota kadang-kadang juga diidentifikasi dengan Viktoria.
Berbeda dengan Nike Yunani, Victoria (bahasa Latin untuk "kemenangan") adalah bagian utama dari masyarakat Romawi. Beberapa kuil didirikan untuk menghormatinya. Ketika patungnya dihancurkan pada tahun 382 oleh kaisar Gratianus, terjadi kemarahan orang-orang di Roma. Dia biasanya disembah oleh jenderal peraih kemenangan setelah kembali dari perang.
Tidak seperti Nike Yunani juga, yang dikenal sukses dalam permainan atletik seperti balap kereta perang, Viktoria adalah simbol kemenangan atas kematian dan menentukan siapa akan berhasil selama perang.
Viktoria muncul secara luas pada uang logam Romawi, perhiasan, arsitektur, dan seni lainnya. Dia sering terlihat dengan atau di kereta, seperti pada karya seni patung akhir abad ke-18 yang mewakili kemenangan dalam quadriga di Gerbang Brandenburg di Berlin-Jerman



Juno

Dalam mitologi Romawi, Yuno (bahasa Latin: Iuno; dibaca [ˈjuːnoː]) adalah dewi pelindung dan penasihat negara. Yuno adalah anak dari Saturnus dan saudara perempuan sekaligus istri Yupiter. Yuno adalah ibu Mars, Minerva dan Vulkanus. Padanan Yunaninya adalah dewi Hera.
Sebagai dewi pelindung kota Roma dan kekaisaran Romawi, dia siebut Regina ("ratu"). Bersama dengan Yupiter dan Minerva, dia disembah sebagai satu dari triad di Roma.
Yuno menjaga keuangan kekaisaran dan memiliki kuil di salah sayu bukit di Kapitolina. Dia dipuja di banyak kota dan punya banyak kuil.
Setiap tahun, pada tanggal 1 Maret, para wanita mengadakan sebuah festival untuk menghormati Yuno yang disebut Matronalia. Pada hari itu, domba dan ternak dikurbankan. Festival lainnya disebut Nonae Caprotinae. Yuno adalah pelindung pernikahan, banyak orang percaya saat yang baik untuk menikah adalah bulan Juni, bulan yang dinamai sesuai nama dewi Yuno. Julukan Yuno adalah Lukina sebagai dewi kelahiran.


Yustitia

Yustitia (bahasa Latin: Iustitia; Dewi Keadilan Romawi), adalah personifikasi alegori yang mendasari sistem hukum.
Sejak Renaisans, Yustitia digambarkan sebagai matron membawa pedang dan timbangan, dan kadang-kadang memakai penutup mata.

Home - About - Order - Testimonial
Copyright © 2010 Berita Informasi All Rights Reserved.